Sunday, August 20, 2017

Cara Mencuci Mobil Kesayangan Anda Seperti Seorang Profesional

Cara Mencuci Mobil Kesayangan Anda Seperti Seorang Profesional - Mungkin sebagian dari anda yang membaca posting kali ini akan bergumam "nyuci mobil aja kok repot" hehe. Mobil yang bersih tentunya akan lebih enak untuk dipandang dan juga dikendarai dan jangan lupa bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman kata Aa Gym.

Untuk anda yang gak mau repot-repot mencuci mobilnya sendiri pasti langsung membawa mobil kesayangannya ke car wash atau tempat pncucian mobil terdekat. Nah buat anda yang memiliki banyak waktu dan mau sedikit repot untuk mencuci mobil kesayangan anda sendiri mari kita simak sedikit tips untuk mencuci mobil seperti seorang profesional.


Ada lebih banyak untuk mencuci dan waxing saat membersihkan dan melindungi cat kendaraan kesayangan anda. Jika anda peduli dengan eksterior mobil anda, maka anda akan menghindari pencucian mobil otomatis yang menggunakan sikat besar yang akan sedikit lebih membahayakan cat mobil anda ketimbang anda melakukan atau mncuci mobil sendiri demi mendapatkan hasil yang terbaik. Baca Juga : Tips Merawat Kendaraan Anda

Kebanyakan orang mencuci dan memoles mobil kesayangan mereka agar tampak lebih berkilau dan bersih. Hal tersebut sudah tepat namun ada beberapa tips tambahan dalam mencuci mobil agar hasilnya bisa lebih maksimal mari kita simak tipsnya.

1. Evaluasi Kondisi Kendaraan Anda
Mengevaluasi kendaraan anda akan mengarahkan anda menuju bagaimana cara seharusnya mobil dibersihkan. Sebuah mobil baru yang bagus mungkin hanya perlu mencuci saja untuk merawatnya. Namun untuk mobil yang exteriornya rata-rata tidak terawat dengan baik perlu untuk dicuci dan sedikit polesan.

2. Baca Labelnya
Sebelum anda menggunakan semua jenis bahan kimia pembersih mobil, sangat penting untuk terlebih dahulu membaca labelnya. Aplikasi untuk sabun, wax dan detail bisa bervariasi dari merek ke merek dan kendaraan ke kendaraan. Misalnya, menggunakan pembersih roda krom yang sangat asam pada roda alumunium tentu saja hal ini dapat merusaknya. Dan jangan lupa juga untuk mencuci handuk dan sarung tangan pembersih setiap anda selesai menggunakannya.

3. Mencuci Mobil Anda
Mencuci mobil anda akan menghilangkan kontaminan yang longgar seperti debu, kotoran, dan lumpur dari bagian luar mobil anda. Selalu gunakan sabun cuci mobil dan bukan deterjen cair atau sabun pencuci piring yang akan merusak cat mobil anda. Bilas mobil anda terlebih dahulu untuk mengeluarkan potongan kotoran yang lebih besar yang dapat menggores cat mobil kesayangan anda. Serta gunakanlah sarung tangan yang bersih dan kain pengering atau kanebo.

4. Siapkan Permukaannya
Setelah mencuci Anda dapat dengan mudah melihat goresan, putaran, dan oksidasi di cat Anda dan rasakan kontaminan yang terikat seperti ovpray atau getah pohon yang tidak dibersihkan dari pencucian. Lari saja tangan Anda di atas kendaraan yang dicuci, dan jika Anda bisa merasakan sedikit benturan, Anda perlu melangkah lebih jauh dengan membersihkan mobil Anda.

Batang tanah liat dapat digunakan untuk menghilangkan kontaminan terikat yang keras kepala. Ini akan menghapus segala sesuatu dari permukaan kendaraan Anda termasuk lilin dan akan mengembalikan kelancaran cat. Mulailah dengan meremasnya ke dalam wafer datar dan gunakan penjilid sebagai pelumas. Tahan di telapak satu tangan dan letakkan di permukaan mobil Anda.

Untuk menghilangkan goresan dan etsa yang berada di bawah permukaan, Anda harus menggunakan senyawa. Mereka dapat diterapkan dengan tangan menggunakan bantalan aplikator atau dengan menggunakan polisher tindakan ganda, dan segera dihapus segera setelah diterapkan. Pembersih cat senyawa perlu digarap sampai selesai dan terkadang memerlukan aplikasi ke 2, 3, atau bahkan ke-4. Beberapa goresan terlalu dalam dan hanya sentuhan cat yang bisa memperbaikinya.

5. Memoles Agar Lebih Mengkilap
Langkah ini opsional dan bisa dibandingkan dengan mengoleskan lotion pada kulit Anda. Polandia dapat diaplikasikan dengan tangan atau dengan polisher dual-action, dan minyak pendingin menambahkan kedalaman warna dan gloss maksimal sebelum waxing, terutama pada kendaraan berwarna gelap.

6. Wax Untuk Melindungi Cat Mobil
Waxing seperti tabir surya untuk mobil Anda. Ini menambahkan lapisan perlindungan dari sinar UV untuk mencegah kepudaran, dan juga segala sesuatu yang mungkin terjadi pada cat. Ini melindungi lapisan gloss tinggi dan tersedia dalam bentuk carnauba atau polimer. Kedua jenis lilin tersebut melakukan hal yang sama, namun lilin polimer tidak akan kabur karena mengering dan biasanya dapat segera dihilangkan setelah diaplikasikan. Pilihan antara menggunakan carnauba atau polymer wax sama dengan memilih minyak mesin sintetis atau biasa. Polimer sedikit lebih mahal tapi lebih mudah diaplikasikan dan ada yang bilang berkinerja lebih baik.

7. Mencuci Jendela Mobil
Jauhi Windex dan pembersih kaca rumah tangga lainnya karena mengandung amonia yang dapat merusak warna jendela mobil. Gunakan pembersih jendela otomatis untuk mendapatkan hasil terbaik dan bersihkan dua kali untuk memastikan pembersih dikeluarkan.

8. Mencuci Roda Mobil
Pembersih roda yang paling penting adalah menggunakan produk yang telah diformulasikan secara khusus untuk jenis roda Anda. Jika Anda tidak tahu jenis roda yang Anda miliki, pergilah dengan versi paling tidak kuat yang merupakan pembersih roda aluminium seimbang pH asam karena dapat digunakan pada semua jenis roda.

Nah itulah beberapa tips dalam mencuci mobil layaknya seorang profesional agar mobil anda tetap bersih dan cat kendaraan roda empat kesayangan anda ini terlihat lebih mengkilap.

Artikel Terkait

Cara Mencuci Mobil Kesayangan Anda Seperti Seorang Profesional
4/ 5
Oleh